Selasa, 22 September 2015

Supervisi Fasilitatif Polindes dan Pustu Sukapura

      Berdasarkan hasil sosialisasi Supervisi fasilitatif dan kartu kendali di Dinas Kesehatan Kabupaten Probolinggo tanggal 17 September 2015, kami tim supervisi dari Puskesmas Sukapura memulai aksinya sejak tanggal 21 September 2015 sampai dengan 3 bulan ke depan. Perkenalkan kami tim Sufas PKM Sukapura:
1. Kepala Puskesmas      : dr. Harip Suprihadi, M.MKes
2. Bikor                           : bidan Saroyah
3. Bidan Puskesmas        : bidan Khoirun Nisa'

        Sufas pertama kami lakukan di desa yang terdekat terlebih dahulu yaitu Polindes Ngepung, Dari hasil kunjungan kami banyak sekali temuan- temuan yang merupakan PR bagi kami untuk membenahi kelengkapan administrasi dan sapras tersebut. Salah satu keunggulan dari Polindes ini adalah kebersihan dan kerapiandari polindes cukuplah bagus, Namun untuk kelengkapan barang- barang yang dimiliki polindes sebagian besar adalah milik pribadi dari bidannya, sedangkan lainnya adalah bantuan dari DINKES. Pengadaan pribadi yang mereka miliki merupakan catatan penting bagi kami untuk mengusulkan sarpras pendukung kegiatan Polindes di tahun-tahun berikutnya. 
       Untuk administrasi kami lebih menekankan pada hasil data yang mereka kerjakan selama ini agar di input pada buku-buku sebagai bukti fisik bahwa bidan dan perawat telah bekerja. Kelengkapan dari kohort ibu, bayi, anbal, apras dan KB, serta register harian, Kemudian kelengkapan kartu ibu, kartuskor PR, SOAP, Partograf dan SOAP, MTBM, MTBS, Buku lab, buku ANCT, buku Partus, buku sarpras yang termasuk didalamnya adalh pendistribusian barang pada pasien (mis. buku KIA, FE, VIT A), buku diare, ISPA, peta desa, data sasaran, data dinding, jadwal posyandu dan poster pendukug.
       Untuk sufas yang kedua saya harus bersepeda sendiri untuk mencapai desa Sariwani. Waw amazing kondisi geografisnya.

Posting Komentar