Selasa, 24 Maret 2015

sAos dan bumbu cair

lanjutan dari artikel yang kemari bahwa untuk penyimpanan saos dan bumbu cari adalah
 Jangan gunakan bila timbul jamur atau bintik putih (khamir) di permukaan mulut botol, warna berubah lebih gelap, dan kekentalan berkurang. Bumbu yang dikemas di dalam kaleng (pasta tomat), bisa disimpan di lemari dapur. Produk yang kemasannya sudah dibuka masih bisa bertahan 2-3 minggu, bila dipindahkan ke dalam kemasan bertutup rapat, lalu simpan di dalam kulkas.

6. Kacang-kacangan
 Tempat penyimpanan yang kering, bebas paparan cahaya, dan kedap udara, bisa menjaga kadar air dalam kacang tetap rendah (7%-14%). Kualitas kacang tetap terjaga selama 6 bulan, bila disimpan di dalam suhu ruang. Bila suhu lebih tinggi, kacang mudah berbau tengik dan ditumbuhi jamur.  Suhu yang lembap  juga bisa mengundang kutu dan serangga pemakan kacang. Bila ingin umur simpan kacang lebih panjang, simpan di dalam freezer. 

7.  Telor
Sebelum disimpan, cuci bersih telur dengan air. Sebab, kotoran ayam yang tertinggal mengandung bakteri salmonella, dan bisa masuk serta merusak telur lewat pori  kulitnya. Jangan menyimpan telur yang berkulit retak, karena bakteri mudah masuk dan merusak kualitas telur. Telur yang dijual dalam  kemasan karton sebaiknya tetap simpan  di dalam wadahnya. Kemasan karton  dapat melindungi penguapan air dari dalam telur melalui pori  kulitnya. Simpan di dalam kulkas agar kualitasnya terjaga  4-6 bulan.

8. garam
Kandungan yodium pada garam mudah rusak bila terpapar cahaya. Maka, ada baiknya simpan garam di dalam wadah kering yang kedap cahaya. Sering kali kita mendapatkan  garam dalam keadaan basah dan menggumpal. Ini dikarenakan sifatnya yang mudah menyerap air di udara. Usahakan wadahnya tertutup rapat setelah digunakan. Garam cukup disimpan di dalam suhu ruang yang sejuk

9. coklat
Cokelat cukup disimpan di suhu ruang. Hindari ruang simpannya dari paparan cahaya langsung, sebab cokelat akan mudah meleleh sehingga cita rasanya berkurang. Bila masih ada sisa setelah digunakan, bungkus rapat dengan plastik. Cokelat bisa bertahan hingga 18 bulan. Jangan simpan di dalam kulkas, sebab akan timbul bercak putih di permukaan cokelat yang disebabkan oleh terpisahnya lemak cokelat.
10.susu
Susu cair pasteurisasi harus disimpan di dalam kulkas, walau kemasannya belum dibuka. Masa simpannya singkat, yaitu 7-21 hari.
Susu cair sterilisasi bisa disimpan di suhu ruang, bila kemasan belum dibuka, dan harus disimpan di dalam kulkas bila kemasannya sudah dibuka. Masa simpannya bisa mencapai 6 bulan.
Susu bubuk yang paling mudah penanganannya. Cukup simpan di wadah kedap udara, kedap cahaya, di dalam suhu ruang, dan bertahan hingga 6-12 bulan. Penyimpanan di dalam freezer bisa meningkatkan umur simpannya. Hindari mengonsumsi susu yang sudah berubah warna, rasa, dan aroma.
Posting Komentar