Selasa, 24 Maret 2015

TATA CARA PENYIMPANAN MAKANAN



Tahukah anda bahwa makanan juga ada tata cara dalam penyimpanannya. Bukan hanya kita yang memiliki tata cara dalam bergaul tapi makanan pun juga ada tata caranya. Ada beberapa tips yang dapat saya berikan pada Anda. semoga bermanfaat.
 


1. Tata cara penyimpanan Tepung

Bila kemasan belum dibuka, simpan tepung di dalam suhu ruang. Sisa tepung  bisa dipindahkan ke dalam wadah kedap udara, tidak terkena cahaya, dan kering, dengan suhu penyimpanan yang sama. Cara ini menjaga kondisi tepung tetap baik hingga 6 bulan. Bila ingin umur simpan yang lebih lama, simpan tepung di dalam freezer. Menyimpan di dalam wadah tertutup adalah syarat mutlak penyimpanannya. Bila Kemasan belum dibuka, simpan di suhu ruang untuk sisanya, pindahkan ke wadah kedap udara, tidak terkena cahaya, tetap di suhu ruang.

2. KOPI 

Yang paling menggoda dari secangkir kopi panas adalah aromanya. Namun, sifatnya yang mudah menyerap bau, membuat aromanya mudah rusak. Simpan kopi di dalam wadah gelap untuk melindunginya dari oksidasi akibat paparan cahaya, sehingga mencegah berubahnya rasa dan aroma kopi. Tutup rapat kemasannya setelah digunakan. Jangan menyimpan di freezer, sebab suhu rendah akan membuat lemak kopi akan mengkristal.  

3. GULA
 
Gula pasir dan tepung gula mudah menggumpal karena bersifat mudah menyerap uap air. Maka, simpan gula di dalam kemasan kedap udara, kedap cahaya, kering, dan sejuk. Pastikan kemasan tertutup rapat setelah digunakan, sebab gula juga dapat menyerap bau di sekitarnya. Simpan di dalam suhu ruang. Bila disimpan di dalam freezer,  kualitasnya bisa tetap terjaga hingga 2 tahun. 

4. teh
 
Tiap jenis teh memiliki umur simpan yang berbeda. Teh bunga mempunyai umur simpan kurang dari 1 bulan. Teh hitam bisa mencapai 2 tahun, sedangkan teh hijau kurang dari satu tahun. Untuk menjaga kualitas teh hingga masa akhirnya, simpan di dalam kemasan kaleng atau kemasan laminat aluminium yang memiliki perekat. Wadah kedap cahaya dan udara mampu menjaga kondisi teh tetap kering.

5. saos dan bumbu

Tidak semua saus dan bumbu cair harus disimpan di kulkas. Jenis yang bisa disimpan di dalam kulkas antara lain saus sambal, dan saus tiram. Sedangkan jenis saus  yang bisa disimpan di dalam lemari dapur bersuhu ruang antara lain hot chili oil, cuka beras, minyak zaitun, minyak wijen, kecap ikan, kecap manis, dan saus BBQ siap pakai. Hindari paparan cahaya dan panas secara langsung agar tidak timbul reaksi oksidasi pada produk. Sejak kemasan dibuka, saus dan bumbu masih bisa bertahan   2 minggu hingga 6 bulan.

tata cara lainnya akan kita ulas pada blog selanjutnya
 


Posting Komentar