Senin, 15 Agustus 2016

Cooking time

        Sudah hampir 2 minggu saya mutasi ke Sidoarjo. Banyak sekali perubahan yang terjadi dalam kehidupan saya. Mulai dari aktivitas sehari-hari diantaranya jadwal tidur, masak, pola pikir, teman, gaya hidup drastis berubah entah itu 20-30%. Bayangkan yang biasanya di daerah Probolinggo saya keseringan tidur dan nyantai dalam kehidupan sehari-hari. Resmi mulai 1 Agustus 2016 hal itu tidak terjadi ddalam kehidupan saya lagi. Jadwal tidurku berubah yakni 
bangun jam 02.30 saya harus sholat malam kemudian masak itu yang utama dalam kehidupan saya saat ini karena saya harus makan bersama dengan ibu. bayagkan saja kalau saya tidak masak saya harus makan dengan apa dan ibu juga harus makan apa? mau beli?/ihhh ga banget deh maakkkkk....gaya hidup mahal booo'''' kalau 30 hari bisa dihitung perharinya aja 50000 berapa duit yang harus sya keluarkan hanya untuk makan aja?
         Semua rutinitas itu saya lakukan dan kegiatan pun berakhir hingga jam 05.30. setelah masak saya pun tak lupa untuk membersihkan rumah dari lantai atas hingga lantai bawah. Jika hal tersebut tidak sempat saya lakukan maka rumah pun nampak kotor sekali. sehingga hal yang paling utama dalam kehidupan saya saat ini adalah memanage waktu agar kehidupan dan rutinitas sehar-hari dapat efisien dan efektif.
       Setelah saya amati bebrapa hari terakhir ini rutinitas yang menyita waktu terbanyak saya adalah memasak. Dalam memasak saya bisa menghabiskan waktu hampir 2 jam setiap kali menyentuh dapur. Hal ini disebabkan karena waktu yang panjang untuk berfikir resep apa yang akan saya gunakan nantinya, serta cara memasak yang sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Bunda tercinta. Nah, itu lah yang membuat saya semakin betah di dapur untuk dapat belajar mengurangi waktu tersebut.
beberapa menu yang saya gunakan adalah kulupan daun singkong, sop-sopan, oseng-oseng sawi, nugget, pentol ayam,tahu fantasi, tanpa menggunakan bumbu penyedap sama sekali. mau tahu caranya::;;;: YUK SIMAK
UNTUK NUGGET:
1/4 Kg dada ayam (ambil yang ada dagingnya aja ya guys)
3 siung bawah putih digoreng
1/4 sendok teh lada bubuk
1 sndk makan kanji
5 sndk makan tepung terigu (bisa diganti dengan tepng sagu malah lebih enak).
sedikt garam dan gula
1 butir telor. 
Cara Membuatnya :
campur semua bumbu dan giling jadi satu hingga lembut setelah itu bungkus adonan dalam daun pisang atau cetakan nugget setelah itu kukus dalam panci yang udah tersedia air panasnya juga. 
setelah adonan dikukus tunggu hingga dingin dan potong potong sesuai selera kemudian masukkkan lemari es. Jika ingin dihidangkan sebagai lauk atau camilan camilan dapat dicampur dengan kocokan telor kemudian masukkkan dalam tepung panir kemudian goreng dan dinikmati bersama sama.

Tidak ada komentar: